Lego Mindstorms NXT : Education vs Retail

Lego Mindstorms NXT yang saat ini beredar, tersedia dalam dua versi: Education Base Set (gambar atas) dan Retail Set (gambar bawah). Education Base Set ditujukan untuk kalangan pendidikan dengan fokus pada pembelajaran robotik, sementara Retail Set lebih ditujukan pada hobbyist.

Mindstorms NXT Education Base

retail set

Education Base Set hanya dijual di perusahaan yang memiliki hubungan dengan penyelenggaraan pendidikan, sementara Retail Set dapat ditemukan di beberapa toko di mal.

Perbedaan lainnya? Soal garansi. Education Base memberikan garansi 6 bulan untuk Brick dan 3 bulan untuk motor dan sensor. Sementara, Retail Set, tergantung pada komitmen toko ybs. Umumnya mereka jual lepas, artinya tidak memberikan garansi produk jika terjadi kerusakan. Untuk sekolah, jelas sangat riskan. Kemungkinan rusak sangat tinggi, mengingat penggunanya sejumlah besar siswa.

Perbedaan lainnya? Education Base menyediakan batere lithium polymer yang powerful (2100mAH, memiliki kapasitas 900% lebih besar dibanding batere A2 biasa), ekstra touch sensor, sejumlah kabel plus konektor untuk mendukung motor dan sensor dari generasi sebelumnya (RCX) dan kreasi yang tidak terbatas karena dimungkinkan membeli suku cadang secara lepas. Jadi, kalau satu hari memerlukan BRICK atau MOTOR atau SENSOR tambahan, maka komponen tersebut bisa dibeli secara lepas, tanpa harus membeli paket.

Dari perbedaan di atas, jelas, memilih Education Base untuk pendidikan adalah lebih baik.

Yang lainnya, tersedia sejumlah besar sensor untuk melengkapi Mindstorms NXT Education, seperti Color Sensor, Temperature Sensor. Accelerometer, Digital Compass, Gyro Sensor, dan yang lainnya.

NEXT SYSTEM Robotics Learning Center menyediakan Lego Mindstorms NXT Education Base Set beserta kelengkapannya, serta sejumlah program pelatihan robotik terkait.

Silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi Ruko F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874
email: info@nextsys.web.id
http://www.nextsys.web.id