Pemrograman Lego Mindstorms NXT

Terdapat sejumlah software untuk memprogram Lego Mindstorms NXT. Yang paling populer dan paling mudah adalah NXT Software (NXT-G). Software berbasis grafis ini cocok untuk pengguna awam atau pemula, dan tidak mempersoalkan kecepatan eksekusi program.

Untuk tingkat lanjutan, dapat menggunakan Bahasa C dan Java, yang memiliki kecepatan eksekusi lebih dari 50 kali dibanding NXT-G. Untuk menguasainya, perlu pemahaman konteks bahasa C dan Java, yang harus diakui, tidak terlalu mudah untuk siswa kebanyakan. Namun, kedua bahasa ini menawarkan keleluasaan dalam memprogram, sehingga kreativitas dapat lebih berkembang.

Software lain yang bisa digunakan adalah Robotic Studio dari Microsoft. Software berbasis platform .NET ini pun tidak terlalu mudah, namun menawarkan fleksibilitas. Artinya, ada sejumlah platform robot yang didukung oleh software ini, sehingga dengan menguasainya, maka kita pun bisa menggunakannya dgn perangkat keras robot yang lain.

Divisi Edukasi NEXT SYSTEM menyelenggarakan sejumlah kelas pelatihan Pemrograman Robot Lego Mindstorms NXT yang sarat dengan aktivitas dan proyek (learning by doing):

  • Pemrograman Robot Mindstorms NXT dengan NXT-G
  • Pemrograman Robot Mindstorms NXT dengan Bahasa C
  • Pemrograman Robot Mindstorms NXT dengan Bahasa Java

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112 – Indonesia
email: info@nextsys.web.id
http://www.nextsys.web.id