Robot Line Following

Robot Line Following adalah satu dari sekian banyak robot edukasi yang dikembangkan oleh Next System Robotics Learning Center. Robot ini bisa digunakan untuk pembelajaran dan kompetisi line tracing atau line following. Robot menggunakan dua buah mikrokontroler, satu untuk pengendali pusat (mikrokontroler ATmega8535), yang kedua untuk pengendali motor (mikrokontroler AT89C2051). Selama robot bergerak, pengendali pusat akan membaca informasi sensor, kemudian mengirimkan perintah pergerakan yang sesuai kepada pengendali motor. Setelah perintah dikirimkan, pengendali pusat bisa mengerjakan tugas lainnya.

Modul sensor cahaya yang terpasang menggunakan LDR, namun dapat digantikan dengan modul sensor lain yang terdiri dari IR LED dan Phototransistor, atau modul sensor cahaya lainnya. Penggantian modul sensor ini sangat mudah karena mainboard menyediakan sejumlah port terbuka.

Robot menggunakan gearbox yang dapat memberikan torsi yang cukup untuk memutar roda robot hingga hampir 100 rpm dengan kondisi beban penuh (termasuk batere).

Robot Line Following memberikan kesempatan yang luas dan terbuka untuk  penerapan berbagai teknik dan metoda, agar robot bergerak dengan mulus dan cepat pada lintasan yang disediakan.

Robot Line Following dapat diprogram dengan Bahasa Assembly, Bahasa C, Bahasa BASIC dan Bahasa Pascal.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ini dan kelas pembelajaran terkait, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062

http://edukasi.nextsys.web.id

** Robot Line Following di atas sudah dikembangkan sedemikian sehingga bentuknya lebih kompak dan memiliki fitur yang lebih kaya.  Versi terakhir dari Robot Line Following sudah d-akomodasi dalam aplikasi Robot Edukasi, yang bisa dilihat di sini.