Memulai Belajar Robot

Robotika sebagai pengetahuan yang layak untuk dipelajari dan dikuasai, adalah bidang yang sangat luas. NEXT SYSTEM Robotics Learning Center hadir untuk mengisi kebutuhan di sebagian saja, yakni pembelajaran robotika secara menyenangkan untuk anak sekolah (siswa dan mahasiswa) dan umum. Kami tidak hadir untuk mengisi kebutuhan aplikasi artificial intelligence (AI) atau bagian robotika yang menjadi konsumsi penelitian pada pendidikan tingkat tinggi atau industri.

NEXT SYSTEM Robotics Learning Center mencoba menyediakan sebanyak mungkin “menu” pembelajaran, sehingga mereka yang memiliki minatan terhadap mikrokontroler dan robotika, dapat memasukinya dengan selera yang pas.

Aspek yang kami kedepankan adalah kemudahan dan kesederhanaan, sehingga pembelajar mampu menguasai dasar-dasar robotika dalam waktu yang relatif singkat. Untuk itu, perangkat pembelajaran yang digunakan pun ber-variasi. Untuk mereka yang berangkat dari titik nol, digunakan perangkat Lego Mindstorms NXT Education, dengan pemrograman menggunakan blok-blok grafis; yang kemudian dapat dilanjutkan dengan pemrograman Robot Lego Mindstorms NXT dengan Bahasa C, Java atau Microsoft Robotics Studio bagi mereka yang telah memahami konsep .NET framework.

Sementara, bagi yang memiliki ketertarikan dalam pemrograman dan elektronika, lebih disarankan untuk menggunakan perangkat robotik modular berbasis mikrokontroler MCS51, AVR, PIC atau BASIC Stamp, yang diprogram dengan menggunakan Bahasa BASIC, Bahasa C atau Pascal.

Robot Edukasi merupakan salah satu contoh perangkat robotik modular berbasis, MCS51, AVR atau PIC. Bentuknya cukup sederhana, namun sarat dengan muatan pembelajaran. Dengan Robot Edukasi, pembelajar bisa mempelajari banyak hal, mulai dari sistem otomasi hingga aplikasi mobile robot yang menantang.

Dengan demikian, apapun latar belakang pembelajar, mereka dapat menikmati pembelajaran robotika dengan mudah dan menyenangkan. Dengan pilihan yang beragam, pembelajar dapat memilih “menu” sesuai dengan “selera”nya.

Pembelajaran sendiri sarat dengan aplikasi, praktek dan tantangan. Sehingga, pembelajar tidak hanya dilengkapi soal pemrograman dan konstruksi, namun kemampuan analisa dan problem solving pun akan terasah.

Bagi mereka yang ingin mempelajari mikrokontroler dan robotika secara mudah dan menyenangkan, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id