Robot Line Following – FlashBot!

Robot cantik pada gambar di samping adalah robot yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan Line Following atau Line Maze Solving. Ukurannya cukup kecil, ber-diameter 10 cm saja. Namun, ukuran bukan menggambarkan kemampuan. Walaupun ukuran fisiknya kecil, robot ini tidak boleh dipandang remeh, mengingat kecepatannya bisa dipacu hingga di atas 100 cm/detik di arena line following. Untuk itu, kami menyebutnya FlashBot!

Robot ini merupakan sebuah sistem yang lengkap. Artinya, sudah disediakan sejumlah pustaka program dalam Bahasa C, agar pemakai bisa memulainya tidak dari titik nol. Bila merasa lebih tertantang untuk mengembangkannya dari nol, pun tidak masalah.

Robot ini menggunakan mikrokontroler AVR, dua buah geared DC motor sebagai penggerak, sejumlah line sensor untuk mengindera garis, serta dicatu dengan 4 buah batere AAA (disarankan NiMH atau Lithium).

Karena menggunakan mikrokontroler AVR, pemrogramannya pun dapat menggunakan beberapa pilihan high level language yang lebih manusiawi. Untuk memberikan dukungan yang maksimal, Next System Robotics Learning Center juga menyelenggarakan kelas pelatihan pemrograman mikrokontroler AVR untuk aplikasi robotika, baik dengan Bahasa C, Bahasa BASIC maupun Bahasa Pascal.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk ini atau kelas pelatihan untuk membuat dan memprogram robot sejenis, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874
Email: info@nextsys.web.id