NXT 2.0 Datalogging

NXT Education Software 2.0 yang di-distribusikan melalui kanal Lego Education dan diperuntukkan bagi pengguna Lego Mindstorms NXT Education Base Set, memiliki fasilitas datalogging, yang memungkinkan kita untuk melakukan pencatatan dan meng-analisa sejumlah data hasil sampling. Setiap percobaan yang dilakukan memiliki panel konfigurasi, dimana kita dapat mengatur kecepatan sampling, lama pengambilan data dan sensor yang digunakan.

Sekali setup, kita dapat menjalankan percobaan dalam mode realtime dan remote. Mode realtime digunakan bila kita membutuhkan data seketika, sementara mode remote memungkinkan kita untuk men-download data hasil percobaan, memindahkan NXT ke lokasi lain dan meng-upload data setelah percobaan selesai.

NXT-G 2.0 menghasilkan beberapa grafik yang cantik dan memungkinkan kita untuk melakukan sejumlah analisa dasar. Berikut ini adalah grafik yang dihasilkan dari pencatatan tingkat cahaya dalam sebuah ruangan selama 24 jam:

Secara keseluruhan, kami sangat menyukainya. Sangat cepat untuk men-setup dan melakukan percobaan, dan visualisasi data yang dihasilkan lumayan cantik.  Bila kita memerlukan analisa lebih jauh, kita dapat me-ekspor data tersebut ke format .csv dan membukanya di Excel.

Berikut adalah sejumlah grafik lain.

NXT diikat menggantung dengan sebuah karet, dengan sensor ultrasonic menghadap ke lantai, untuk mengukur jarak selama NXT bergerak naik turun.

Temperatur dalam sebuah ruangan selama 24 jam:

Pendinginan normal dari segelas air panas (grafik berwarna putih) dan pendinginan setelah diberi es (grafik berwarna oranye):

Bola yang dipantulkan ke arah sensor suara:

Untuk informasi lebih lanjut mengenai NXT Education Software 2.0, set Lego Mindstorms NXT Education, serta kelas pelatihan terkait, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062

Email: info@nextsys.web.id