Next System Perkenalkan Produk Robot Terbaru

Next System Robotic Learning Center (NSRLC) memperkenalkan robot terbaru ciptaannya dalam seminar dan workshop singkat bertemakan Lets Play and Fun with Robot acara yang dihadiri pelajar dan mahasiswa di Bandung E-tronical Mall (Be mall), Kamis, 28 Mei 2009.

Robot baru itu bentuknya seperti mobil dengan kecanggihan software yang disimpan ke dalam robot tersebut.

Robot tersebut mampu berjalan dengan jentikan jari, dan berhenti dalam jarak kurang lebih 30 cm dari penghalang yang ada di depannya, robot ini sudah di program untuk mendengar level suara dan mengendalikan diri pada saat terhalang oleh benda.

Robot baru itu diperagakan langsung oleh Christianto Tjahyadi, managing director Next System.

Ada beberapa jenis robot serta kemampuannya yang diperagakan dalam seminar dan workshop singkat ini, robot-robot yang ditampilkan merupakan robot kembangan sendiri.

Robot-robot itu sendiri merupakan hasil dari divisi edukasi robotic tahun 2008.

Menurut Christianto, Indonesia memiliki peluang besar untuk menciptakan berbagai macam jenis robot.

Untuk saat ini sudah jauh lebih baik dalam hal penciptaan, ini terlihat dari kompetisi-kompetisi robot yang kita ikuti, sayangnya ini belum tersebar luas di seluruh Indonesia karena hanya beberapa lembaga yang menekuni ini, sehingga yang muncul masih orang-orang lama dengan inovasi karyanya.

Diakui kendala yang muncul saat ini adalah ilmu yang otodidak dan tidak diasah juga pengembangan kreativitas yang dilakukan oleh beberapa lembaga yang itu-itu saja, sehingga tidak ada peningkatan untuk lebih mengenalkan robot-robot ini pada khalayak umum.

Untuk saat ini Next System mengenalkan pembuatan robot-robot ini melalui pembinaan ke sekolah-sekolah, mengadakan seminar dan workshop seperti ini, diharapkan selanjutnya akan meningkatkan jumlah robot-robot karya anak bangsa. (kpl/roc)

Sumber:

logo_baru6logokl