Guru dan Siswa Berkompetisi di Kelas Robotik

Siswa pertama mencoba robot line follower yang selesai diprogram dan langsung berjalan mulus di atas garis berliku. Sang guru pun tidak mau kalah, robot line follower yang diprogramnya langsung dipacu dengan kecepatan tinggi. Akhirnya, para siswa pun harus mengakui bahwa robot line follower sang guru lebih cepat. Bukan karena salah dalam algoritma pemrograman, namun karena batere yang digunakan siswa sudah melemah 🙂

DSC05657DSC05797

Di akhir sesi pelatihan, seperti tampak dalam gambar sebelah kanan, tiga robot diletakkan di atas sebuah track dan saling mengejar. Sebuah game yang menarik dan diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta pelatihan. Rasa penasaran pun terpuaskan, setelah melihat robotnya bergerak mulus di atas garis hitam.

Itulah gambaran yang terjadi dalam satu kelas pelatihan robotik minggu ini, yang pesertanya berasal dari Sukabumi dan Indramayu. Kelas sebelumnya, di minggu yang sama, diisi oleh dosen dari Politeknik Caltex Riau Pekanbaru, yang tim robotiknya meraih juara pertama KRCI 2008 untuk kategori robot berkaki, serta dosen dari Universitas Andalas Padang, guru dari Kuningan, serta sejumlah engineer dari sebuah perusahaan.