Sekolah Khusus Pengetahuan dan Aplikasi Robot Semakin Merebak

kontan0909

KONTAN 09/11/09 – Belum lama ini, tim robot dari Universitas Komputer Bandung berhasil meraih medali emas dalam International Robo Games yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat.

Pencapaian itu tentu tidak lepas dari makin maraknya kompetisi robot di dalam negeri, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tak pelak, minat anak-anak belajar tentang robot makin tinggi.

“Kami melihat, di sekolah-sekolah, siswa tidak bisa mengaplikasikan teori tentang robo atau robotik,” kata Christianto Tjahyadi, Direktur Next System Robotics Learning Center di Bandung. Mengatasi hal itu, di Next System Robotics, siswa belajar mengenai aplikasi dari matematika, fisika dan mata pelajaran lain ke dalam teknologi, desain, hingga perakitan robot.

Program pembelajaran yang ditawarkan Next System Robotics juga beragam, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ada juga program intensif yang berlangsung 3-4 hari, dari pagi hingga sore. Model pelatihan ini biasanya diikuti lulusan S1 hingga S3, karena umumnya mereka masih bingung mengaplikasikan teori yang mereka kuasai. “Untuk praktek, kami menyediakan alat-alat yang boleh dibawa pulang,” kata Christianto.