Robot Edukasi 2010

Di minggu kedua Februari 2010, NEXT SYSTEM Robotics Learning Center me-release Robot Edukasi AVR dan Robot Edukasi PIC versi peningkatan, yang merupakan release terbaru dari keluarga Robot Edukasi.

Robot Edukasi versi ini mendukung sensor garis analog hingga 8 sel.

Set Robot Edukasi Standard sudah termasuk sensor garis (line sensor) yang terdiri dari 3 sel. Namun kami menyediakan line sensor 5 sel dan 7 sel sebagai pilihan. Dengan demikian, peminat aplikasi Line Following Robot, dapat memaksimalkan jumlah sensor tersebut untuk tantangan yang lebih kompleks, semisal penerapan kendali PID atau tantangan Maze Solving.

Sensor standard 3 sel dapat ditempatkan di bagian tengah robot, sementara sensor yang lebih panjang (5 sel dan 7 sel) dapat ditempatkan di bagian depan (seperti tampak dalam gambar).

Robot Edukasi AVR 2010 menggunakan mikrokontroler dengan ruang program 16k dan 32k (sebelumnya 8k), serta dilengkapi dengan ekstra push button yang dapat difungsikan sebagai tombol start/stop, dan fasilitas untuk komunikasi secara I2C. Dengan demikian, aplikasi robotik yang dapat dikembangkan semakin luas dan komplek.

Robot Edukasi PIC 2010 pun memiliki ekstra push button yang dapat difungsikan sebagai tombol start/stop, tetap menggunakan mikrokontroler PIC16 yang terbukti handal. Bila membutuhkan kinerja yang lebih tinggi, mikrokontroler dapat diganti dengan PIC18 yang lebih gegas dan pin compatible.

Gearbox terpasang di-set dengan rasio 38:1, untuk memberikan kecepatan maksimum hingga 340 rpm.

Beberapa bagian rangkaian pun disempurnakan untuk mendapatkan stabilitas kerja yang lebih baik.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian set Robot Edukasi, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id

NEXT SYSTEM Robotics Learning Center akan me-release Robot Edukasi edisi Line Following, lengkap dengan software pendukungnya (open source). Penggunaan software dipermudah, sehingga pengguna tingkat Sekolah Dasar pun dapat menggunakannya 🙂