Arduino dan ATmega16

Dalam beberapa tahun terakhir, nama Arduino cukup populer di kalangan pengguna mikrokontroler pemula. Mereka menyediakan solusi hardware dan software yang cukup mudah digunakan.

Namun, sebagai insan kreatif, tentunya kita tidak mau terkunci dengan hardware yang mereka kembangkan. Artinya, kita dapat menggunakan software Arduino yang open source, untuk memrogram chip AVR yang cukup mudah ditemukan di pasaran Indonesia.

Hardware Arduino sendiri menggunakan AVR ATmega168, ATmega328p, ATmega1280 dan ATmega2560. Namun, mengingat keluarga AVR 8-bit memiliki core architecture yang sama, maka tidak sulit untuk menyesuaikan software, agar bisa digunakan untuk AVR ATmega8535, ATmega16 dan ATmega32, yang tersedia dalam kemasan PDIP serta cukup mudah diperoleh.

NEXT SYSTEM Robotics Learning Center menyediakan MikroAVR16, sebuah development board dengan chip AVR ATmega16, dan sudah dilengkapi dengan built-in USB ISP programmer. Pemrograman dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan software Arduino.

Dalam penggunaan dengan software Arduino, tidak ada perbedaan antara MikroAVR16 dan hardware Arduino; baik dalam pemrograman maupun upload ke dalam chip.

MikroAVR16 dan software open source Arduino adalah pasangan ideal untuk mengembangkan aplikasi mikrokontroler, termasuk untuk pemula. Ruang program yang tersediapun maksimal.

Untuk mendukung penggunaan produk ini, kami menyediakan kelas pelatihan Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan pilihan bahasa pemrograman : BASIC, C – termasuk dengan software open source Arduino, dan Pascal; serta opsi aplikasinya dalam robotik. Dengan demikian, belajar mikrokontroler ATmega16 dan pemrograman mikrokontroler ATmega16 menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

  • Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan Bahasa C
  • Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan Bahasa C dan Aplikasinya dalam Robotik
  • Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan Bahasa BASIC
  • Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan Bahasa BASIC dan Aplikasinya dalam Robotik

Subyek lengkap kelas pelatihan mikrokontroler dan robotik dapat dilihat di bagian Pelatihan.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian MikroAVR16 serta kelas pelatihan terkait, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id