Singapore Robotic Games

Singapore Robotic Games (SRG) merupakan event robotik tahunan tingkat internasional yang banyak diikuti oleh peminat robotik dari seluruh dunia. Disokong oleh sejumlah perguruan teknik ternama di Singapura, menjadikan SRG yang tahun ini digelar di Science Center, 25-27 Januari 2011 tersebut, memiliki kelas yang cukup baik.

Untuk tingkat sekolah, tahun ini menghadirkan tantangan Robot Can Collector, dimana robot yang dikembangkan harus mampu bergerak menyusur garis sampai dengan area tertentu, kemudian menunggu perintah yang dikirim melalui wireless oleh operator, untuk mengambil kaleng berbobot 200 gram, yang diletakkan pada area dengan ketinggian tertentu.

Ketika bergerak dari titik perhentian ke daerah target, robot memiliki dua pilihan. Bergerak melalui ranjau berupa hamparan kelereng, atau jalan datar yang sempit dengan jebakan berupa jurang, di pinggirnya.

Setelah mengambil kaleng di area target yang ditentukan, robot harus membawanya ke titik start.

Untuk menghadapi tantangan seperti ini, NEXT SYSTEM Robotics Learning Center mengadakan program Robotic for Olympiad, sebuah program unggulan untuk tim robotik unggulan.