Software Arduino versi Modifikasi

Software Arduino adalah salah satu software yang digunakan dalam kelas pelatihan Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan Bahasa C, yang diselenggarakan oleh NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.

Namun, software Arduino yang digunakan, berbeda dengan yang “asli”, karena telah di-modifikasi oleh tim R&D NEXT SYSTEM, agar mendukung mikrokontroler AVR jenis lain, seperti ATMega8535/16/32.

Referensi yang digunakan adalah software Arduino versi 0017, karena dalam versi ini, file .hex hasil kompilasi masih dipertahankan. Artinya, file .hex dibuat dalam folder applet, yang bisa kita copy dan gunakan dengan software programmer lain. Sementara pada versi berikutnya, file .hex di-create dalam folder temporer, yang akan dihapus ketika kita keluar dari program. Tidak mudah mencarinya, karena penamaan folder temporer tidak terlalu ramah.

Selain itu, compiler AVRGCC, yang terpaket dalam software Arduino modifikasi pun sudah disesuaikan dengan instalasi versi terakhir dari WinAVR yang di-release tahun 2010, sementara software Arduino “asli” masih mengusung release tahun 2008.

Juga software programmer yang digunakan, AVRDude, sudah disesuaikan dengan versi terbaru. Paket “asli” menggunakan AVRDude versi 5.4, sementara versi modifikasi menggunakan AVRDude versi 5.11, yang di-release September 2011.

Seluruh fitur dari software sudah diuji dan terus ditambahkan kelengkapannya, terutama dalam dukungan terhadap sejumlah piranti pendukung.

Tim R&D tengah mengkaji untuk meng-upgrade IDE ke versi 1.0. Saat ini tengah dilakukan kajian, agar proses upgrade bisa dilakukan dengan mulus.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai software Arduino, kelas pelatihan terkait dengan Arduino, seperti Pemrograman Mikrokontroler AVR dan Aplikasinya dalam Robotika, serta Hacking Arduino, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi Ruko F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, (022) 70775874

Email: info@nextsys.web.id