Seminar Teknologi Robotika sebagai Inovasi dalam Dunia Pendidikan

Seminar nasional robotika yang mengangkat tema “Teknologi Robotika sebagai Inovasi dalam Dunia Pendidikan” dilangsungkan di kota Solo, 29 Oktober 2011, bertempat di aula SMAN 1 Surakarta.

Seminar robotika skala nasional pertama yang digelar oleh MGMP TIK SMA/MA Kota Surakarta ini, menghadirkan pembicara Ir. Christianto Tjahyadi dari NEXT SYSTEM Robotics Learning Center dan Tim Robotika Fakultas Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Seminar yang diikuti oleh sekitar 250 peserta, mayoritas guru TIK ini, berlangsung dengan hangat dan antusias.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kota Solo, diawali dengan sejumlah sambutan dari panitia.

Bapak Ir. Christianto Tjahyadi yang tampil sebagai pembicara pertama mengangkat tema “Media Pembelajaran Berbasis Robotika”. Pembicara menekankan pentingnya memahami robotika sebagai keilmuan. Robotika dan produk robot adalah dua hal yang ber-sinergi, namun di dalam pembelajaran robotika, peserta didik tidak boleh terjebak atau terkunci pada melulu mempelajari produk robot.

Ranah robot cerdas juga menjadi perhatian khusus dari pembicara, pada sesi pertama yang berlangsung selama 120 menit; mengingat robot haruslah cerdas. Dan pengembang robot harus menjadi seorang inovator, bahkan kreator dan inventor; bukan sekedar pengguna atau operator.

Sesi tanya jawab yang terlalu singkat, karena terbatasnya waktu, menyisakan sejumlah pertanyaan. Sejumlah peserta yang masih penasaran pun segera maju ke meja pembicara, agar bisa memuaskan rasa penasarannya, sekaligus melihat dan mencermati dari dekat, robot yang digunakan saat sesi demonstrasi.

Terima kasih kepada MGMP TIK SMA/MA Kota Surakarta yang telah memberikan kepercayaan kepada NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.

Maju terus robotika Surakarta!