Kelas Arduino Lanjutan : Kolaborasi Arduino dan WinAVR

Arduino is an open-source electronics prototyping platform based on flexible, easy-to-use hardware and software. It’s intended for artists, designers, hobbyists, and anyone interested in creating interactive objects or environments.

Itu adalah kalimat pembuka yang ada di situs resmi pengembang – arduino.cc.

Arduino sendiri terdiri dari software dan hardware. Untuk software, pengembang menggunakan basis compiler AVRGCC, yang juga digunakan oleh WinAVR, yang saat ini sudah di-adopsi ke dalam Atmel AVRStudio 5; sementara untuk software programmer, Arduino memaket AVRdude yang open source namun sudah terbukti handal.

Jadi, dengan AVRGCC sebagai compiler, maka, seluruh perintah yang biasa digunakan di lingkungan pemrograman WinAVR, yang notabene cukup sulit utk pemula, bisa digunakan dalam pemrograman dgn Arduino.

Kolaborasi Arduino dan WinAVR adalah salah satu bagian yang menjadi bahasan dalam kelas Arduino Lanjutan yang diselenggarakan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.

Mengapa harus kolaborasi?

Karena dengan kondisi default, pengembangan aplikasi relatif terbatas. Maka dari itu, tidaklah mengherankan bila pengembang membuat pernyataan “prototyping platform” alias hanya sekedar untuk pembuatan prototipe dan aplikasi yang sederhana.

Kolaborasi dengan WinAVR membuat software Arduino menjadi sangat powerful. File binary (machine code) yang dihasilkan menjadi lebih kecil dan waktu eksekusi pun menjadi lebih cepat. Namun demikian, beberapa kemudahan yang diusung oleh sistem standard, dapat tetap digunakan dan dimanfaatkan. Juga beberapa fitur dan kemampuan “tersembunyi” yang dimiliki chip, bisa dimunculkan dan dimanfaatkan.

Jadi, tidak ada lagi resource yang tidak dimanfaatkan. Semuanya dapat dimanfaatkan secara maksimal, termasuk fasilitas interupsi yang sangat powerful.

Kelas Arduino Lanjutan adalah kelas yang tepat untuk mempelajari, mendalami dan meng-eksplorasi mikrokontroler AVR, dan sebagai modal awal untuk memasuki kelas Hacking Arduino.

Kelas Arduino Lanjutan diadakan mulai Desember 2011.

Berikut adalah kelas pelatihan yang kami selenggarakan, terkait dengan penggunaan software Arduino:

  • Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan Arduino (2 Hari)
  • Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan Arduino + WinAVR (2 Hari)*
  • Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan Arduino + WinAVR (4 Hari)**
  • Hacking Arduino (2 Hari)

* Materi lanjutan, ** Materi dasar dan lanjutan.