Menjadi Yang Terbaik di T-Rex 2012

Dalam perhelatan lomba robot T-Rex 2012 di satu sekolah swasta di kota Bandung, Jum’at, 20 Januari 2012, Padepokan Robot NEXT SYSTEM Bandung mengirim satu tim untuk berlaga. Dari tiga kategori yang diselenggarakan penyelenggara, kami hanya mengikuti satu kategori saja, yakni kategori SMP.

NEXT SYSTEM tidak mengirim tim untuk kategori SD dan SMA, karena challenge yang diangkat panitia, tidak jelas. Dengan syarat dan kondisi yang ditentukan oleh penyelenggara, menurut kajian kami, robot tidak akan mampu menyelesaikan challenge, karena tidak memiliki referensi yang pasti.

Fairuuz Xaviera yang menjadi utusan padepokan, berhasil menyelesaikan misinya dengan baik, dan meraih juara pertama; dan merupakan satu-satunya tim robot yang berlaga dengan menggunakan robot kreasi lokal, yang dikembangkan sendiri oleh anak-anak Padepokan Robot NEXT SYSTEM. Tim lain menggunakan robot impor, yang mayoritas menggunakan produk ex Korea.

Achievement yang dicapai, bukan sekedar menjadi juara. Namun, mereka berani tampil dengan kreasi lokal, sekaligus menunjukkan kepada publik bahwa robot kreasi lokal mampu “mengalahkan” robot impor. Yang penting bukan perangkatnya, namun the man behind the gun. Semangat ini yang selalu dikobarkan dalam persiapan tim robot menjelang lomba.

Kedua, anak-anak lebih percaya diri, karena yang digunakan adalah robot kreasi mereka. Mereka berpegang pada pepatah – yang membuat pasti bisa memperbaiki.

Padepokan Robot NEXT SYSTEM mendorongan keunggulan lokal untuk keunggulan dan kemandirian bangsa.

Daftar lengkap prestasi tim robot binaan Padepokan Robot NEXT SYSTEM Bandung dapat dilihat di sini.