Mengenal NS.One/16

NS.One/16 merupakan varian pertama dari keluarga NS.One – yang dikembangkan Padepokan Robot NEXT SYSTEM Bandung, yang sudah di-release beberapa waktu lalu.

Board NS.One/16 menggunakan chip mikrokontroler AVR mega16 yang dipacu pada kecepatan 4 MHz. Pemrogramannya dapat dilakukan melalui software “Arduino for NS.One” atau software pemrograman untuk mikrokontroler AVR lainnya.

Sejak semula, NS.One memang meng-adopsi konsep yang diusung Arduino.  Namun, menggunakan tipe mikrokontroler AVR dan firmware yang berbeda. Namun demikian, mereka yang sudah pernah berkenalan dengan pemrograman di lingkungan software Arduino, bisa menggunakan NS.One tanpa kesulitan.

Perlu diketahui pula bahwa ke dalam software “Arduino for NS.One” sudah ditambahkan sejumlah fungsi baru, yang kerap digunakan, namun tidak tersedia dalam software Arduino.

Berikut adalah contoh pemrograman melalui “Arduino for NS.One”, membuat sebuah LED yang terdapat pada board, berkedip dengan frekuensi 1 Hz:

void setup() {
  pinMode(21, OUTPUT);
}

void loop() {
  digitalWrite(21, HIGH);
  delay(500);
  digitalWrite(21, LOW);
  delay(500);
}

atau, bisa juga menggunakan perintah lain yang kompatibel:

void setup() {
  pinMode(21, OUTPUT);
}

void loop() {
  pinWrite(21, HIGH);
  delay(500);
  pinWrite(21, LOW);
  delay(500);
}

Setelah selesai, program yang ditulis di-compile, dengan menekan tombol compile / verify yang terdapat pada toolbar. Setelah sukses, tidak ada kesalahan, program di-upload ke dalam board NS.One dengan menekan tombol Upload pada toolbar. Sesaat setelah upload, kita akan melihat LED berkedip dengan frekuensi 1 Hz. Mudah bukan?

Bagaimana Pengguna Non-Arduino?

Untuk pengguna lingkungan pemrograman, seperti: CodeVisionAVR, WinAVR, AVRStudio, BASCOM-AVR, dan yang lainnya, dapat menggunakan software uploader yang terdapat dalam CDROM yang disertakan, untuk meng-upload program hasil kompilasi ke dalam NS.One.

Sebagai contoh, untuk memrogram contoh serupa di atas dengan CodeVisionAVR:

#include <mega16.h>
#include <delay.h>

void main() {
  DDRC.5 = 1;
  while(1) {
    PORTC.5 = 1;
    delay_ms(500);
    PORTC.5 = 1;
    delay_ms(500);
}

Hasil kompilasi di-upload menggunakan software uploader.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai NS.One dan pelatihannya, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi Ruko F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, (022) 70775874

Email: info@nextsys.web.id