Kolaborasi Mikrokontroler dan Ethernet

Sistem berbasis IP diperkirakan akan men-dominasi dalam beberapa waktu ke depan. Tidak hanya komputer, yang sudah cukup lama menggunakannya dalam interaksi jaringan, termasuk internet; kini, embedded system pun dituntut untuk mendukung protokol komunikasi data yang satu ini.

Dalam konteks embedded system, saat ini telah hadir sejumlah chip yang menyediakan kemampuan untuk berkomunikasi data berbasis ethernet, seperti chip ENJ2860 dari Microchip dan W5100 dari Wiznet. Saat ini pun sudah tersedia modul ethernet yang ditanami kedua chip tersebut, sehingga pengembang aplikasi dapat menggunakannya dengan lebih mudah.

Dengan memanfaatkan chip-chip pendukung tersebut, membangun sebuah web server sederhana, menjadi mudah. Terlebih sejumlah chip, seperti W5100, sudah menyediakan tcp/ip stack.

Untuk modul ethernet di atas, hubungkan pin 13 (SCK), pin 12 (MISO), pin 11 (MOSI), pin 10 dan pin 2 (SS – Slave Select, masing-masing untuk Ethernet dan SD Card) dengan pin-pin mikrokontroler terkait. Sebagai contoh, dengan NS.One – pin 15 (SCK / PB7), pin 14 (MISO / PB6), pin 13 (MOSI / PB5), pin 12 (SS / PB4 – untuk Slave Select bisa pmenggunakan pin lain). Jangan lupa untuk menghubungkan pin +5V dan GND, dengan pin yang sama pada board NS.One.

Terkait dengan subyek ethernet dan komunikasi data berbasis IP, NEXT SYSTEM mengadakan sejumlah subyek pelatihan terkait, seperti:

  • Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya dalam Jaringan Berbasis IP
  • Sistem Kendali Robot Cerdas berbasis IP
  • dan yang lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kolaborasi mikrokontroler dan ethernet beserta dengan kelas pelatihan terkait, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi Ruko F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, (022) 70775874

Email: info@nextsys.web.id