Pemrograman Mikrokontroler ARM Cortex M3

Kloter kedua program pelatihan Pemrograman Mikrokontroler ARM Cortex M3, yang berlangsung 27-30 November 2012, mengusung sejumlah materi baru. Harus diakui bahwa platform ARM agak berbeda dibanding platform mikrokontroler 8-bit yang lebih dahulu populer. ARM Cortex M3 yang mengusung arsitektur 32-bit, menyediakan sejumlah besar fasilitas yang fleksibel sekaligus powerful. Bila mengetahui dari pintu mana kita harus memasuki dunia pemrograman ARM, maka proses pembelajarannya akan lebih cepat.

Pertemuan di hari pertama diawali dengan pengenalan mikrokontroler ARM Cortex, arsitektur, serta pendekatan pemrograman yang disarankan. Peserta pun diajak untuk mengalami dunia pemrograman ARM Cortex, melalui sejumlah aplikasi sederhana yang dikembangkan.

Hari kedua dilanjutkan dengan komunikasi data, dengan memanfaatkan fitur USART yang disediakan chip. Dengan 3 buah USART yang disediakan oleh STM32L152xx – salah satu chip ARM Cortex yang digunakan dalam pelatihan, kita cukup leluasa untuk mengembangkan sejumlah aplikasi berbasis komunikasi. Melakukan konfigurasi USART adalah tantangan tersendiri, mengingat langkahnya cukup panjang. Namun, semuanya adalah pengalaman yang menyenangkan untuk peserta.

Di hari ketiga, peserta belajar bagaimana menangani sensor, khususnya sensor analog. Melalui lebih dari 20 kanal input ADC yang disediakan, kemampuan sampling yang tinggi serta fasilitas sequence yang disediakan, menjadikannya sebuah pengalaman yang berbeda.

Di hari terakhir, peserta belajar bagaimana membangkitkan pulsa dan mengatur lebar pulsa, dengan aplikasi pengaturan kecepatan motor DC.

Setiap harinya kelas berlangsung dari pk 09.30 – 15.30. Cukup panjang dan melelahkan, namun semangat untuk menaklukkan ARM Cortex M3, yang sudah dikobarkan sejak hari pertama, membantu peserta untuk menyelesaikan misi pembelajarannya.

Learning by doing dan learning by experience tetap menjadi rujukan dalam pembelajaran.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas pelatihan Pemrograman Mikrokontroler ARM Cortex, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Padepokan Robot Bandung
ITC Kosambi Ruko F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, (022) 70775874

Email: info@nextsys.web.id